Skip to main content

Welcome To DJP

A. BAHAN PERSIAPAN BERGABUNG DENGAN DJP

Setiap pekerjaan membutuhkan ”bahan” yang matang agar dalam ,melaksanakan pekerjaan tersebut hanya mengalami kegagalan yang minim. Termasuk di dalamnya mempelajari materi” yang berhubungan langsung dengan pekerjaan tersebut.Begitu pula yang harus dilakukan untuk memasuki dunia perpajakan di lingkungan DJP.Banyak beberapa hal yang harus dilakukan dalam rangka persiapan tersebut.
a. Mengenal secara dasar tentang DJP
Direktorat Jendral Pajak(DJP)merupakan suatu institusi pemerintah yang berada di bawah naungan Departemen Keuangan .DJP didirikan untuk mengelola penerimaan negara dari dalam negeri melalui sektor pajak.Peranan pajak dalam pembangunan Indonesia semakin besar dan penting seiring dengan makin berkurangnya kontribusi penghasilan dari sektor migas.Oleh karena itu DJP mempunyai peran yang vital sebagai institusi tulang punggung penerimaan negara.Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui sebagai pengenalan awal terhadap Direktorat Jendral Pajak:

Visi dan Misi DJP
Visi DJP yaitu menjadi model pelayanan masyarakat yang menyelenggarakan sistem dan manajemen perpajakan kelas dunia yang dipercaya dan dibanggakan masyarakat..
Misi DJP yaitu menghimpun penerimaan negara dari sektor pajak yang mampu menunjang kemandirian pembiayaan pemerintah berdasarkan Undang-Undang Perpajakan dengan tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi.
DJP merupakan suatu kesatuan organisasi, oleh karena itu seperti layaknya organisasi lainnya mempunyai suatu struktur organisasi tersendiri.
Struktur DJP adalah sebagai berikut:
Eselon I : Direktur Jenderal Pajak
Eselon II : Sekretaris Ditjen, Direktur pimpinan Direktorat dalam DJP dan Kepala Kanwil
Eselon III : Kabag di Kanwil, Kepala KPP
Eselon IV : Kasi di Kanwil, Kabag di KPP
Pejabat-pejabat Fungsional:
Account Representative, Penyidik, Pemeriksa, Juru Sita

b. Mengenal Tugas dan Fungsi Pegawai DJP
Ketika kita akan memasuki suatu institusi, wajib bagi kita untuk paham tugas dan fungsi pegawai sebagai penggerak roda suatu organisasi. Sebagai unsur terdasar dari DJP nantinya, kita sebagai pelaksana memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan kegiatan secara langsung atau terjun ke lapangan atau disebut sebagai praktisi. Makin tinggi jabatan yang dipegang baik secara struktural maupun fungsional makin besar tanggung jawab terhadap masing-masing prosedur.

c. Pendidikan dan Pelatihan
Menjadi pegawai DJP juga butuh pendidikan dan pelatihan yang memadai dan berkelanjutan, seiring perkembangan zaman dan teknologi, permasalahan dalam perpajakan kian rumit. Oleh karena itu diadakanlan diklat-diklat dan tugas belajar bagi para pegawainya. Sebagai contoh adalah Diklat Pranata Komputer, Diklat Penyuluhan, Diklat Juru Sita dan lain sebagainya

d. Rekruitmen Pegawai DJP
Dalam berprofesi sebagai pegawai DJP atau yang dinamakan Fiskus, tak lain dan tak bukan adalah sama saja meniti karir dalam pekerjaan. Sistem rekruitmen yang dilaksanakan oleh Departemen Keuangan adalah melalui dua jalur, yakni melalui STAN sebagai rekruitmen golongan 2 dan melalui Sarjana sebagai rekruitmen golongan 3. kita sebagai rekruitmen dari STAN merupakan calon pegawai golongan 2, STAN sebagai sekolah kedinasan dibawah naungan departemen keuangan adalah jalan yang dinilai paling cepat dan mudah menjadi pegawai Departemen Keuangan, hal inilah yang menyulut animo besar bagi para lulusan SMA untuk mengikuti ujian masuk STAN.
STAN sendiri dibagi menjadi 2 Prodip yakni D1 dan D3, selain itu juga ada D4 Akuntansi setara Sarjana dan D3 khusus. Kita sebagai Mahasiswa Prodip 1 Keuangan memiliki masa belajar 1 tahun, setelah lulus kita magang di instansi sesuai spesialisasi selama kurang lebih 1 th. Sehabis magang, akan ada Prajabatan yakni diklat pemantapan menjadi CPNS. Setelah lulus Prajab maka kita akan ditempatkan dan tinggal menunggu SK PNS.

e. Meniti Karier
Setelah melalui program diploma keuangan STAN, kita akan masuk ke organisasi DJP atau di lingkungan Depkeu. Hal ini merupakan awal untuk meniti karier kita di pekerjaan. Untuk prodip 1, nantinya akan diangkat sebagai pegawai golongan II A. Tapi sebelum diangkat sebagai pegawai kita harus melalui berbagai tahap. Setelah lulus, kita akan menjalani masa magang di tempat yang telah ditentukan kantor pusat. Masa magang merupakan sarana pengenalan terhadap lingkungan pekerjaan. Proses magang sendiri akan berakhir setelah SK calon pegawai negeri sipil diterbitkan.baru setelah itu menjalani sebagai capeg.untuk diresmikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di DJP, kita harus menjalani tes sendiri yang disebut Prajab. Setelah lulus prajab kita resmi menjadi CPNS. Dan tinggal menunggu SK PNS.
Kenaikan pangkat PNS yaitu empat tahun sekali dan dimungkinkan kenaikan pangkat dapat dipercepat dengan kesetaraan pangkat. Hal itu dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan di luar jam kerja.
Selain itu ada jabatan fungsional pegawai, bagi pejabat fungsional mereka naik pangkat melalui kredit point, sehingga mereka kebanyakan lebih cepat naik pangkat dari pada pejabat struktural.

B. PERSIAPAN DIRI BERGABUNG DENGAN DJP

Selain mengetahui bahan-bahan persiapan bergabung dengan DJP,kita juga harus mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan diri kita sendiri yaitu:
a.meningkatkan religius
dengan peningkatan religi ,iman dan ketaqwaan kita semakin bertambah.dengan iman dan taqwa tersebut kita akan terhindar dari perbuatan tercela.dengan iman dan taqawa kita juga akan terhindar dari stress karena pekerjaan yang kita jalani. Tanpa iman dan taqwa kita akan kehilangan jati diri kita sebagai manusia yang mempunyai akal dan budi pekerti. Oleh karenanya iman dan taqwa diperlukan dalam bekerja.
b.Mawas Diri (Anti Korupsi)
Kita sering mendengar tentang korupsi, terlebih lagi saat kita bekerja, kemungkinan untuk melakukan korupsi terbuka lebar. Hal itulah yang haru kita waspadai, terlebih lagi kita bekerja di Institusi Pemerintah yang mengelola keuangan negara.
PP 30 th. 1980 merupakan peraturan pegawai negeri yang menjerat segala perilaku menyimpang yang dilakukan PNS, dtambah KMK 222 yang mengatur Kode Etik PNS di lingkungan DJP.
Peningkatan Iman dan Takwa serta Pola Hidup Sederhana bisa diterapkan demi mencegah terjadinya korupsi yang berakhir pada pemecatan dan masuk bui.

c. kesehatan
Persiapan fisik diperlukan juga dalam bekerja. Tanpa fisik yang sehat seseorang tidak akan dapat bekerja dengan maksimal. Menjaga kondisi badan agar selalu sehat juga merupakan salah satu persiapan untuk bgabung dengan DJP. Seseorang yang sakit-sakitan tidak akan mampu bekerja apalagi bila yang sakit adalah rohaninya.ada pepatah yang mengatakan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Semua syarat tindakan yang harus dipenuhi adalah sehat jasmani dan rohani.

d. ketrampilan dan keahlian
Dalam bekerja diperlukannya ketrampilan dan keahlian khusus seorang pegawai. Tanpa keahlian dan ketrampilan seorang pegawai tidak mampu bersaing dalam dunia kerja. Dengan keahlian tersebut seorang pegawai dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Selain itu DJP memerlukan seorang praktisi yang handal dan dapat diandalkan sehingga DJP dapat menghimpun penerimaan negeri.
Ketrampilan dan keahlian seseorang dapat diperolehnya dari macam-macam pendidikan baik formal maupun nonformal.Dengan mengikuti pendidikan-pendidikan ini kita dapat meningkatan ketrampilan dan keahlian kita.

Comments

Popular posts from this blog

Tanjung, Kota Bersinar di Ujung Utara Kalsel

Kota Tanjung merupakan Ibukota Kabupaten Tabalong, sebuah kabupaten di ujung utara Provinsi Kalimantan Selatan berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Kota ini merupakan penghasil Batubara, Minyak Bumi dan Gas di Kalimantan Selatan, sebut saja PT. ADARO yang merupakan perusahaan pertambangan batubara di Indonesia serta PT. PERTAMINA. Apabila berkunjung ke kota ini, jangan heran melihat banyak kendaraan tambang dan mobil perusahaan dengan ciri khas label kuning bertuliskan singkatan nama perusahaan lalu lalang di jalan.   Tugu Tanjung Putri (Tugu Obor) Saat anda memasuki Kota Tanjung dari arah Banjarmasin atau dari arah Kalimantan Timur, anda akan disambut dengan Tugu Obor kebanggaan orang tanjung. Di pucuk tugu ini, menyala obor yang tak pernah padam sekalipun terkena hujan. Api tersebut selalu hidup walau hujan badai karena berasal dari gas alam yang disalurkan dari explorasi minyak Pertamina. Nama asli dari Tugu ini adalah Monumen Ta

Habis Linus,,, terbitlah Trigana dan Riau Air,,,

Pangkalan Bun 25 Mei 2009 Dear Blogger, Pangkalan Bun adalah kota yang menurutku cukup potensial dan dibilang paling maju di belahan Kalteng bagian Barat, sehingga banyak pendatang-pendatang baru yang mengadu nasib disini,,,, Transportasi yang digunakan di Pangkalan Bun adalah Darat, yakni Jalur Trans Kalimantan (P.Raya-Sampit-P.Bun), Laut (P.Bun-Semarang, P.Bun-Surabaya), dan Udara (P.Bun-Jakarta, P.Bun-Semarang dsb) Darat dilayani oleh Travel dan 2 Agen Bis yang menjadi mayoritas yakni Yessoe dan Logos,,, dari P. Bun ke Palangka Raya membutuhkan waktu sekitar 10 jam perjalanan, dengan perkiraan 5 jam ke Sampit,,, Untuk Laut, banyak agen kapal Pelni yang melayani pelayaran, yakni dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai (Pangkalan Bun) ke Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang) dan Tanjung Perak (Surabaya) Di Pangkalan Bun sendiri untuk udara dilayani oleh 2 Maskapai yakni IAT (Indonesia Air Transport) dan Linus Airways,,, aku sendiri lebih senang menggunakan Linus, dikarenakan kursi yang disedia

Busyet gw di Palangkaraya

Ga pernah gw byngin, gw terlempar ke luar jawa. Weleh, resiko pkerjaan. N tempat yg gw datengin adalah Palangkaraya... Mana tuw? Palangkaraya tuw ibukota propinsi Kalimantan Tengah. Satu2nya ibukota di kalimantan yg jauh dari laut. So... Ni kota tuw berada di tengah2 hutan! Well, meski gt, tertolong jg dgn adanya bandara. Stdaknya dikalimantan transportasi yg enak ya pke psawat. Bnyk kota di kalimantan yg punya bandara. So... Skrng kuw tinggal ditempat ini untk waktu yg ga ditentuin.